Sabtu, 23 Januari 2010

Do Face Mask by yourself!

Selagi memiliki waktu luang, tak ada salahnya menyempatkan melakukan perawatan pada kulit wajah anda. Caranya mudah, alami (herbal), dan bisa anda coba sendiri dan buktikan khasiatnya. Beberapa waktu belakangan sejak beberapa bulan yang lalu, saya rajin melakukan masker herbal, tetapi karena kesibukan kuliah, waktu untuk melakukannya jadi tak ada. Nah, di waktu libur ini, saya menyempatkan melakukan face mask dengan menggunakan keajaiban dan manfaat alami kentang. Kentang selain mengandung karbohidrat, juga ternyata kaya akan vitamin C yang membantu menangkal radikal bebas, menyegarkan kulit, dan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan tidak keriput. Banyak sumber literatur yang menggunakan kentang untuk menghilangkan lingkat hitam pada bawah mata. Kentang juga dipakai untuk menghilangkan flek hitam/ bekas luka. Bahkan orang jaman dahulu menggunakan kentang untuk membantu menutup luka.
Nah, the fact is, kentang totally bisa membantu mencerahkan wajah dari kekusaman, baik untuk segala macam kulit, mau berminyak , campuran, atau normal. Kebetulan kulit wajah aku campuran dan berjerawat. Tips dari aku untuk mengolah masker kentang ini :
1. Parut 1 buah kentang (besar)/ 2 buah kentang (kecil) , parut cepat agar warnanya tidak berubah menjadi kecoklatan (masih fresh)
2.Letakkan di wadah yang diisi beberapa es batu untuk mendinginkan
3.Saring dengan penyaringan agar ketika ditempelkan ke wajah tidak menetes2 dan bisa melekat.
4.Diamkan, beristirahatlah di ruang yang dingin, atau wajah dikipas/diangin2kan, selama kurang lebih 15-30 menit hingga warna kentang berubah kecoklatan/ mengering.
5.Rontokkan kentang, dan basuh wajah dengan air dingin.
6.Anda akan mendapatkan wajah terlihat cerah, putih dan segar.
7.Lakukan setidaknya seminggu 2-3 kali untuk memaksimalkan fungsi kentang.

Selain masker kentang, saya juga sering menggunakan masker mentimun untuk mendinginkan kulit dari radang, melembabkan, dan menghaluskan kulit. Caranya, potong tipis2 mentimun ( letakkan di wadah diberi sedikit es batu untuk mendinginkan), letakkan pada wajah, diamkan antara 10-15 menit.
Masker bengkuang juga cocok dipergunakan selain untuk memutihkan kulit, juga konon untuk mengatasi problem jerawat. Gunakan dengan cara yang sama dengan masker kentang.
Masker lainnya yang bermanfaat adalah menggunakan teh ( teh hijau ), kaya akan antioksidan, bisa digunakan untuk problem jerawat.
Dari beberapa artikel, saya mendapati bahwa jeruk nipis dan madu dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan satu sendok teh jeruknipis dan satu sdt madu dicampur, kemudian dioleskan di bagian berjerawat.Diamkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin. Madu digunakan sebagai antiseptik pemusnah bakteri, sementara jeruk nipis dikenal ampuh membersihkan wajah.

Selain melakukan face mask, ada baiknya diimbangi dengan memperbanyak konsumsi jus buah - buahan untuk membantu kesehatan kulit dari dalam.

Nah, silakan mencoba!
*Tips di atas berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa artikel yang pernah saya baca..

Tidak ada komentar: